Minggu, 18 Oktober 2020

Ayah, Yuk Berkisah bersama Anak

Tema kesebelas dalam serial ayah hebat kali ini mengangkat topik Ayah, Yuk Berkisah bersama Anak. Kenapa ayah harus bercerita? Setidaknya ada 3 alasan ayah harus berkisah kepada anak. Pertama, ayah harus bercerita karena ayah segalanya bagi anak. Kedua, ayah harus bercerita karena ayah tokoh karakter. Ketiga, ayah harus bercerita karena ayah merupakan tokoh membangun harga diri anak.

Cara terbaik dalam berkisah kepada anak paling tidak ada 4. Pertama, siapkan diri ayah untuk berkomitmen bahwa ayah akan bercerita ke anak-anak dan menjadi pencerita terbaik bagi anak-anak, lakukan secara konsisten. Kedua, ayah perlu untuk mengenal dan memahami tahap perkembangan anak. Contoh tahap perkembangan anak bisa dilihat di postingan ini. Ketiga, berkisah bersama, bukan berkisah dengan. Bedanya adalah jika berkisah dengan anak fokusnya terletak pada ayah, yang menghayati hanya ayah, sedangkan anak tidak mengerti dan tidak ada interaksi. Berkisah bersama anak yang mendapat insight adalah anaknya, ada interaksi dengan anak dalam berkisah, dan anak diberikan porsi yang cukup banyak dalam memberikan pandangan. Keempat, memanfaatkan golden moment, bercerita dan berkisah kepada anak tidak usah terlalu kaku akan waktunya, akan tetapi bisa saja ayah berkisah ketika melihat suatu kejadian atau situasi dengan melakukan rebut dan rekayasa.

Semoga kita bisa menjadi pengkisah yang baik bagi anak kita dan semoga kita bisa menjadi Ayah Hebat bagi anak kita dan usia psikologis anak kita lebih dewasa dibanding usia biologis anak kita.

Tidak ada komentar: