Minggu, 25 Mei 2008

Bermain-main dengan MBTI

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca mengenai test MBTI secara online di Blog Strategi+Manajemen. MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator sendiri adalah sebuah tes kepribadian yang didesain untuk membantu seorang individu untuk mengidentifikasi pribadi miliknya. Indikator dari tes ini dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs ketika perang dunia II terjadi. Indikator tersebut melanjutkan teori Carl Jung tentang Psychological Types. MBTI sendiri konon memiliki hasil yang sangat akurat dan sangat bermanfaat untuk pengembangan karir, konseling, maupun dunia akademis.

Karena tergoda dengan MBTI , saya pun kemudian mencoba melakukan assesmen kepribadian dengan metode MBTI di mypersonality. Dan hasilnya saya termasuk ke dalam type ENTJ, seperti yang tergambar dalam profil berikut:

Dimana untuk hasil lengkapnya dapat anda lihat disini. Akan tetapi karena masih penasaran, saya pun kemudian mencoba melakukan test MBTI lagi di alamat yang berbeda. Awalnya saya mencoba melakukan test MBTI lagi di similarminds, dan hasilnya ternyata hasilnya tak berubah!!!. Saya tergolong kedalam tipe ENTJ, seperti yang tergambar dalam profil dibawah:

Yang membedakan antara test MBTI di mypersonality dengan similarminds adalah: di similarminds, selain tipe aktualisasi juga terdapat tipe ketertarikan dan tipe yang lebih disukai seperti yang tergambar dibawah ini:

Akan tetapi karena masih penasaran juga saya pun kemudian mencoba lagi di eggheadcafe. Dan hasilnya, eggheadcafe mengatakan: You are an ENTJ... (yah beginilah kalo ngeyel udah dibilang ENTJ masih ngeyel ;p)

ENTJ sendiri dalam mypersonality digambarkan sebagai berikut: ENTJs are strategic, organized and possess natural leadership qualities. They are master coordinators that can effectively give direction to groups. They are able to understand complicated organizational situations and quick to develop intelligent solutions. ENTJs are outspoken and will not hesitate to speak of their plans for improvement. They are decisive and value knowledge, efficiency and competence.

Sedangkan dalam human-metric indonesia, ENTJ digambarkan sebagai personal yang jujur dan terus terang, kuat kemauannya, menjadi pempimpin dalam kegiatan2. Biasanya baik dalam kegiatan-kegiatan yang membutuhkan pembicaraan intelektual seperti public speaking. Biasanya cepat mendapat informasi dan menikmati informasi tsb karena kesukaannya membaca. Bisa tampil lebih positif dan percaya diri daripada pengalaman mereka sendiri di area yang membutuhkan keyakinannya... Hmm... Amiiiiin.... ;)

Itulah sekilas mengenai hasil MBTI saya. Jika anda tertarik untuk memahami dan bermain-main dengan MBTI anda dapat mengklik link-link diatas... Selamat mencoba...


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Aku ikutan dapetnya INTP; introverted, intuitive, thinking, perceiving... quite different from yours, rite??

I thought you were more introverted before.

Havid Ardiansyah mengatakan...

Ichi, kalau kata orang dulu, jangan menilai buku dari sampulnya... soalnya sudah banyak orang yang tertipu dengan persepsinya ketika menilai diriku pada kesan pertama.... huehehe...........

Anonim mengatakan...

awal yang baik