Selasa, 13 Oktober 2020

4 Stop Untuk Work From Home

Salah satu dampak dari Covid-19 adalah adanya beberapa pekerjaan yang tadinya dilakukan di kantor, sekarang bisa dikerjakan dari rumah, atau dikenal dengan istilah Work From Home atau WFH. Sebagai ayah hebat, Work From Home, harusnya bisa dimanfaatkan oleh ayah untuk bisa memanfaatkan golden moment dengan anak, untuk itulah materi ayah hebat kesembilan mengangkat topik 4 stop untuk work from home. Work From Home bisa dijadikan salah satu alat evaluasi bagi Ayah untuk meilihat lagi apakah Ayah sudah menjadi ayah hebat bagi anak atau ternyata masih banyak hal-hal yang wajib diperbaiki ayah agar ayah bisa menjadi ayah hebat bagi anak. Dalam melakukan work from home, ayah perlu memperhatikan 4 hal yang harus segera di stop.

Pertama, stop menyalahkan. Stop menyalahkan pasangan, asisten rumah tangga, anak, atau penghuni rumah lainnya dalam mengasuh anak. Ayah perlu meyakinkan hati ayah bahwa anak adalah amanah dari Allah.

Kedua, stop untuk complain. Kita tidak perlu complain. Karena jika kita meyakini anak adalah amanah, maka ayah tidak akan akan complain akan kelakuan anak dalam mencari perhatian ke ayah.

Ketiga, stop untuk defensif tapi mulailah proaktif dalam pengasuhan anak dalam aktifitas kita dirumah. Karena perkembangan anak tidak pernah berjalan mundur, akan berjalan terus, kesempatan emas tidak terjadi dua kali.

Keempat, stop jaim. Ayah optimalkan waktu bermain dan berinteraksi dengan anak. Ayah lakukan totalitas dalam waktu bersama anak.

Perlu diingat selain 4 Stop diatas, kita perlu untuk selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri kita ke Allah untuk memperbaiki kemelekatan kita dengan anak kita. Karena semua skill parenting tidak akan banyak artinya kalau kita tidak menyerahkan diri dan memperbaiki hubungan kita dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga kita bisa menjadi Ayah Hebat bagi anak kita dan usia psikologis anak kita lebih dewasa dibanding usia biologis anak kita.


Tidak ada komentar: