Takdir adalah rukun iman ke 6. Kita wajib ridho menerima segala takdir Allah. Dalam menerima takdir, kita wajib ber husnudzan dengan takdir tersebut dan tidak boleh suudzon. Karena semua takdir Allah baik dan suudzon berasal dari syaitan.
Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)
اِنَّمَا ذٰلِكُمُ الشَّيْطٰنُ يُخَوِّفُ اَوْلِيَاۤءَهٗۖ فَلَا تَخَافُوْهُمْ وَخَافُوْنِ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ ١٧٥
Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya. Oleh karena itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang mukmin. (QS Ali Imran : 175)
Apapun yang Allah putuskan, sesungguhnya baik. Jika memang ada takdir yang buruk, hal itu disebabkan oleh sudut pandang manusia yang tidak bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian.
Dibalik musibah tsunami Aceh, ada kebaikan juga, karena setelah tsunami terjadilah perjanjian perdamaian Helsinki.
Takdir ada 2:Ada takdir mubram dan takdir muallaq.
Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.
Takdir Muallaq adalah ketentuan Allah yang mengikuti sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhitiar.
Hidayah adalah contoh dari takdir muallaq.
وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ
Orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk (mencari keridaan) Kami benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Sesungguhnya Allah benar-benar bersama orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS. Al Ankabut : 69)
Hidayah itu dicari dan diusahakan. Kita harus terus berikhtiar untuk mendapatkan hidayah.
Dosa juga bukan takdir. Dosa adalah pilihan.
وَهَدَيْنٰهُ النَّجْدَيْنِۙ ١٠
serta Kami juga telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebajikan dan kejahatan)? (QS Al Balad : 10)
Semua manusia diberikan akal untuk memilih yang benar dan yang salah. Termasuk sesat diantaranya pemahaman Jabariyah dan Qadariyah.
Kaum Jabariyah percaya bahwa manusia tidak memiliki andil sama sekali dalam melakukan perbuatannya. Mereka juga merasa tidak bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan dan menyerahkan semuanya kepada Allah.
Kaum Qadariyah percaya bahwa Allah tidak menciptakan perbuatan para hamba-Nya. Meski ada takdir yang sudah ditetapkan seperti kelahiran dan kematian, manusia tetap memiliki kewenangan menjalani hidup sesuai keinginannya.
Kematian termasuk takdir mubram dan muallaq.
وَلَنْ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفْسًا اِذَا جَاۤءَ اَجَلُهَاۗ وَاللّٰهُ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ ١١
Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS Al munafiqun : 11)
Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)
Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,
مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ
“Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)
Apapun yang terjadi di dunia. Semua atas kehendak Allah.
۞ وَعِندَهُۥ مَفَاتِحُ ٱلْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِى ظُلُمَٰتِ ٱلْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz) (QS Al Anam : 59)
Jika kita percaya kepada dukun yang mengakui percaya akan hal gaib, maka kita akan termasuk orang yang syirik kepada Allah.
قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ
“ Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah. ” (QS. An Naml: 65).
Bahkan Rasulullah pun tidak mengetahui yang gaib kecuali atas Wahyu dari Allah.
'Aisyah, Ummul Mukminin Radhiyallahu anha berkata:
وَمَنْ زَعَمَ أَنَّهُ يُخْبِرُ بِمَا يَكُونُ فِى غَدٍ فَقَدْ أَعْظَمَ عَلَى اللَّهِ الْفِرْيَةَ وَاللَّهُ يَقُولُ (قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِى السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللَّهُ ).
Barang siapa yang mengatakan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengetahui apa yang akan terjadi di esok hari, maka sungguh dia telah berbuat dusta yang besar kepada Allah Azza wa Jalla (Karena) Allah Azza wa Jalla telah berfirman (yang artinya), ”Katakanlah, tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah (An Naml : 65) (Shahîh Bukhâr (4/1840), Shahîh Muslim (1/110). Teks ini milik Muslim)
Orang yang memahami takdir akan selalu husnudzan kepada Allah
وَعَسٰۤى اَنۡ تَكۡرَهُوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ خَيۡرٌ لَّـکُمۡۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تُحِبُّوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمۡؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ وَاَنۡـتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ ٢١٦
dan boleh jadi kamu benci kepada sesuatu padahal ia baik bagi kamu, dan boleh jadi kamu suka kepada sesuatu padahal ia buruk bagi kamu. Dan (ingatlah), Allah jualah Yang mengetahui (semuanya itu), sedang kamu tidak mengetahuinya. (QS Al-Baqarah : 216)
Kita harus meyakini kalau semua yang terjadi pada kita sudah dicatat 50 ribu tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi. Tugas kita adalah menerima dengan positif
مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَاۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ ٢٢
Tidak ada bencana (apa pun) yang menimpa di bumi dan tidak (juga yang menimpa) dirimu, kecuali telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sesungguhnya hal itu mudah bagi Allah. (QS Al Hadid : 22)
Takdir ini terdiri dari :
(a) Takdir ‘Umri yaitu takdir sebagaimana terdapat pada hadits Ibnu Mas’ud, di mana janin yang sudah ditiupkan ruh di dalam rahim ibunya akan ditetapkan mengenai 4 hal : (1) rizki, (2) ajal, (3) amal, dan (4) sengsara atau berbahagia.
(b) Takdir Tahunan yaitu takdir yang ditetapkan pada malam lailatul qadar mengenai kejadian dalam setahun. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),”Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan : 4). Ibnu Abbas mengatakan,”Pada malam lailatul qadar, ditulis pada ummul kitab segala kebaikan, keburukan, rizki dan ajal yang terjadi dalam setahun.” (Lihat Ma’alimut Tanzil, Tafsir Al Baghowi)
Orang beriman tidak jatuh ke lubang sama.
Semua yang terjadi pada manusia adalah atas kehendak Allah.
اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ
Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka, jadilah (sesuatu) itu. (QS Yasin : 82)
Kita harus yakin kalau semua yang ada di alam raya, termasuk diri kita adalah ciptaan Allah
اَللّٰهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍۙ وَّهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ وَّكِيْلٌ ٦٢
Allah adalah pencipta segala sesuatu dan Dia Maha Pemelihara atas segala sesuatu. (QS Az Zumar : 62)
Mengimani takdir akan menimbulkan ketenangan sebab ia selalu merasa puas dengan apa yang ditentukan Allah kepadanya. Apabila beruntung dan berhasil ia harus bersyukur, jika terkena musibah maka bersabar dan berusaha lebih.
Beriman dengan takdir menyebabkan ketenangan jiwa dan hati. Tidak larut dalam kesedihan terhadap yang sudah terjadi, dan tidak ada kecemasan dan kekhawatiran terhadap yang belum terjadi.
Dengan mengimani takdir, Allah akan memberikan kekuatan dalam menghadapi musibah
مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَاۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ ٢٢ لِّكَيْلَا تَأْسَوْا عَلٰى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوْا بِمَآ اٰتٰىكُمْۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۙ ٢٣
Tidak ada bencana (apa pun) yang menimpa di bumi dan tidak (juga yang menimpa) dirimu, kecuali telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sesungguhnya hal itu mudah bagi Allah. (Yang demikian itu kami tetapkan) agar kamu tidak bersedih terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS Al Hadid : 22-23)
Sedangkan orang yang tidak beriman dengan takdir, kelak dia akan berkeluh kesah dan menyesal ketika mendapatkan musibah, sehingga setan pun akan membukakan segala pintu keburukan untuknya. Dan dia akan gembira yang berlebihan, menyombongkan diri, serta terperdaya ketika mendapatkan kesenangan. Namun beriman dengan takdir akan mencegahnya dari semua hal-hal tersebut.
*Disampaikan pada kajian subuh di Masjid Asy Syuhada Harapan Indah oleh Ustadz Yunus Yulianzam MA pada hari dan tanggal Sabtu, 22 Februari 2025 / 23 Syaban 1446H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar