Minggu, 12 Juni 2011

Sukses

Malam minggu kemarin dalam sebuah obrolan ringan tiba-tiba saja kami, saya dan sahabat Jakarta Student Community, kumpulan pelajar asal Jakarta yang pernah berkuliah di malang, membahas tentang makna sukses di Sabang 16 dengan ditemani Kopi Tetes Vietnam dan Roti Srikaya.

Salah seorang sahabat mengatakan sukses adalah proses, siapa yang menjalani proses dengan sungguh-sungguh maka dia adalah orang yang sukses, apa pun hasil dari proses tersebut. Sahabat lain mengatakan sukses adalah pencapaian atas semua usaha yang telah kita lakukan. Dalam kesempatan lain sahabat saya yang lain juga mengatakan tentang makna sukses, menurutnya sukses itu bisa tersenyum disaat menghadapi masalah, sukses juga saat dimana kita mendapatkan apa yang kita inginkan, dan bahkan sukses adalah sebuah proses dengan tujuan akhir kita menghadap ilahi dengan khusnul khotimah.

Saya sendiri juga punya makna sendiri mengenai sukses yang ternyata mengalami pergeseran seiring dengan waktu. Dulu ketika saya masih bersekolah saya memaknai sukses dengan pencapaian karir, rezeki, dan popularitas. Dengan mencapai salah satu apalagi kesemuanya maka saya dapat dikatakan sukses. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu ternyata makna sukses menurut saya mengalami pergeseran. Saat ini menurut saya sukses adalah bagaimana kita bisa menikmati hidup dan bahagia dalam situasi apa pun.

Sukses adalah keinginan semua orang. Ya.. Semua orang pasti ingin sukses sesuai dengan pemaknaan masing-masing. Sukses menurut saya belum tentu sukses menurut anda. Sukses adalah suatu hal yang universal, dimana setiap orang memiliki pemaknaan masing-masing. Tidak ada yang bisa mengatakan kalau definisi makna sukses menurutnya adalah yang terbaik dan paling tepat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri sukses didefinisikan dengan berhasil atau beruntung. Jim Rohn memaknai sukses dengan konsekuensi pasti dari menerapkan beberapa langkah dasar dalam hidup. Menurut Zig Ziglar, sukses adalah mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Menurut Earl Nightingale, sukses adalah realisasi progresif dari prinsip-prinsip seseorang yang bernilai. Menurut Brian Tracy, sukses berarti jika seseorang menikmati dan mencintai profesinya sekarang, dan ia dikelilingi oleh orang-orang yang ia cintai dan mencintai dirinya.

Bagaimana sukses menurut anda?

Tidak ada komentar: